BERITA

Senin, 21 Februari 2011

Mengatur Posisi Komputer

Posisi komputer diatur agar dapat bekerja dengan nyaman dan memenuhi syarat-syarat kesehatan dan keselamatan kerja.

Posisi Monitor
Monitor yang ditempatkan terlalu tinggi akan menyebabkan kepala harus menengadah sehingga otot leher menjadi sakit. Sedangkan monitor yang ditempatkan terlalu rendah akan menyebabkan kepala harus menunduk sehingga otot punggung menjadi sakit.

Tampilan dan pencahayaan monitor sangat berpengaruh pada mata. Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang cerah dan norak seperti merah, kuning, ungu, dan oranye akan membuat mata cepat menjadi lelah. Selain itu, pantulan cahaya pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan, dan lain sebagainya dapat menyilaukan pandangan.

- Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa pengaturan layar monitor yang perlu di perhatikan.
- Letakkan monitor sedemikian rupa di ruangan sehingga monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.
- Agar mata dapat membaca dengan nyaman letakkanlah monitor lebih rendah dari garis horizontal mata.
- Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga agar mata tidak kering. Sesekali lepaskan pandangan jauh ke luar ruangan, misalnya melihat pepohonan. Usap kelopak mata secara lembut dan memijit-mijit di sekitar tubuh untuk mengurangi ketegangan mata dan melancarkan peredaran darah ke mata.

Posisi Keyboard
Penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama, terutama apabila sedang bermain game, salah satu penyebab nyeri otot dan tulang.

Keyboard harus diletakkan pada posisi yang benar, tidak terlalu jauh, tidak terlalu rendah, dan tidak terlalu tinggi. Posisi keyboard yang terlalu jauh akan menyebabkan tangan cepat lelah dan terserang nyeri karena tangan harus dijulurkan untuk menjangkaunya. Posisi keyboard yang terlalu rendah akan membuat badan harus membungkuk sehingga menyebabkan punggung menjadi sakit, sedangakan posisi keyboard yang telalu tinggi akan melelahkan tangan.

Posisi keyboard yang benar adalah harus lebih rendah dari meja dimana monitor diletakkan dan lebih tinggi dari pinggang bawah. Untuk menghindari sakit dan tegang pada leher dan bahu, letakkan keyboard tepat di hadapan dan segaris dengan layar monitor.

Posisi Mose
Mouse biasanya diletakkan di sebelah kanan keyboard. Letak mouse tidak boleh terlalu jauh akan menyebabkan badan harus membungkuk dan menjulurkan tangan untuk meraihnya. Hal ini dapat mengganggu otot punggung dan lengan. Orang dengan penggunaan tangan kiri yang dominn (kidal) dapat meletakkan mouse di sebelah kiri keyboard.

Posisi Meja dan Kursi Komputer
Posisi meja yang mempunyai ketinggian yang tidak tepat akan menyebabkan leher menjadi sakit sedangkan kursi yang tidak baik akan membuat posisi duduk menjadi tidak nyaman dan cepat lelah.

Meja computer yang baik adalah meja yang dilengkapi laci untuk menempatkan keyboard dan mouse, juga dilengkapi dengan sandaran kaki. Tinggi meja computer yang baik adalah sekitar 55-75 cm, disesuaikan dengan ukuran kursi dan juga tinggi badan pengguna.

Kursi yang baik adalah kursi yang dapat mengikuti lekuk punggung, memiliki sandaran, dan tingginya bias diatur. Kursi yang telalu tinggi akan menyebabkan kaki menggantung dan menyebabkan kelelahan.

Printer
Suara printer yang telalu bising dapat mengganggu kenyamanan pendengaran. Printer yang baik pada umumnya tidak menimbulkan kebisingan. Printer yang menggunakan sistem ink-jet dan laser mempunyai kebisingan yang relative lebih rendah bila dibandingkan dengan printer system dot matrix. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan dapat berakibat pada kelelahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pilih Warna Latar

Cari Blog Ini

Memuat...
My Great Web page

Share it

peta