BERITA

Senin, 21 Februari 2011

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Mengenal Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Bekerja dengan komputer akan menyita waktu yang paling lama ketika bekerja dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan, bahkan keselamatan. Oleh karena itu aspek kesehatan dan keselamatan kerja atau K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila sedang bekerja dengan komputer. Posisi tubuh, posisi peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan pada saat bekerja dengan computer.

Dari sisi keselamatan kerja, juga harus disadari bahwa komputer yang digunakan dengan listrik yang mempunyai tegangan tinggi. Untuk mencegah terjadinya risiko tersengat listrik, kabel-kabel listrik harus diukur sedemikian rupa sehingga terhindar dari sengatan listrik. Kondisi kabel-kabel juga harus diperhatikan untuk mencegah kemungkinan terjadinya arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran dan rusaknya peralatan komputer. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari efek negative dari bekerja dengan komputer adalah sebagai berikut :

- Aturlah posisi tubuh saat bekerja dengan komputer.
- Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan.
- Makan, minum, dan istirahatlah yang cukup. Jangan menahan desakan untuk buang air, karena terlalu asyik bekerja dengan komputer.
- Gerakkan badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikirkan, dan olah raga secara teratur.
- Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk menyegarkan mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pilih Warna Latar

Cari Blog Ini

My Great Web page

peta